Seberapa penting dosen ada di dalam kelas?

2011
03.30

Siang ini kuliah mayor di sebuah ruangan di Fakultas Pertanian. Dan ga kayak biasanya, siang hari rabu diisi kuliah oleh seorang dosen yang cukup ngebosenin(menurut saya).

Tiba-tiba kepikiran, seberapa penting sih dosen ada di dalam kelas?

Sejam pertama, diriku masih berniat untuk meratiin kuliahnya. Menit-menit berikutnya pikiran udah kemana-mana. Kepikiran banyak hal. Dalam lamunan itu, diriku ngeliat ke sekitar.

Beberapa teman asik mengobrol, yang lainnya terpaku dengan hape atau laptopnya. Ada juga yang melamun dan salut buat yang bisa ngerjain tugas di kelas ini, entah bagaimana caranya bisa ngerjain tugas sementara ada yang cuap-cuap ga jelas di depan kelas. Liat ke belakang, ternyata kelas sepi banget. Mungkin banyak yang bolos.

Jadi, penting ga sih dosen ada di dalam kelas? Penting ga sih dosen cuap-cuap depan kelas? Toh ga ada yang dengerin juga. 😛

Entah ini dosen baik, atau dosen yang “masa bodo” dengan mahasiswanya. Atau mahasiswa yang “bodo amat” dengan masa depannya? 😛

Sedikit Cerita dari Perpustakaan Pusat

2011
03.19

Diriku menghabiskan siang ini di Perpustakaan Pusat IPB.Iseng hari Minggu ke perpus, daripada tiduran mulu di kamar.

Ketika datang, gedung ini masih sepi. diriku langsung menuju lantai 2, tempat favorit diriku di gedung ini. Suasananya lebih tenang dan adem. Ups, ternyata emang sepi. Diriku duduk di sebuah meja yang kosong, terlihat semua orang di sana membuka-buka skripsi yang diambil dari rak. Ga mau banyak gaya, diriku langsung buka laptop, nyalakan dan langsung buka www.facebook.com (emang berniat untuk ngenet hehe).

Selang 2 jam, meja sebelah ditinggalkan penghuninya. Ia membiarkan setumpuk skripsi (sekitar 6-8) terletak di atasnya. Covernya berwarna hijau, mungkin dia dari Fakultas Pertanian. Beberapa menit kemudian petugas perpus datang. Seorang bapak berusia sekitar 40an tahun, berkacamata, dan menggunakan kaos putih biru. Si bapak langsung mengambil tumpukkan skripsi tersebut dan mengembalikan ke raknya. Diriku mulai bertanya, kenapa si mbak yang tadi nggak naro skripsi yang udah diambil ke raknya lagi ya? Dia malah membiarkan gitu aja.

Satu hal menarik lagi, di meja depan ada sepasang manusia. Datang kira-kira setengah jam yang lalu. Si cewe diem dari tadi sambil memasang muka serius dan sedikit jutek. Dia asik baca-baca skripsi berwarna hijau dan di sampingnya, si cowo tidur. Kenapa si cowo mau nemenin si cewe ya? Padahal dia cuma numpang tidur doang, kalo gitu mending tidur di kamar aja sana haha 😀

Pantun Minang

2011
03.17

Payakumbuah basimpang ampek
jalan ditampuah jo padati
jalolah lusuah ikan tak dapek
bialah lautan denai ranangi

nak duo pantun sairiang….
bialah kanji bacampuo luo
dimakan urang dibawah talang
bialah kini hati denai kok ibo
untuang kok isuak lai kasanang

Joke 1

2011
03.16

Seorang Suami yang pekerjaannya sebagai IT barusan pulang dari kantor

Suami: (Pulang telat dari kantor) “Selamat malam sayang, sekarang saya logged in.”

Istri: “Apakah kamu bawa oleh-oleh yang aku minta?”

Suami: “Bad command or filename.”

Istri: “Tapi aku bilangnya dari tadi pagi!”

Suami: “Errorneous syntax. Abort?”

Istri: “Trus, bagaimana tentang beli televisi baru?”

Suami: “Variable not found ….”

Istri: “OK deh, kalo gitu aku minta kartu kreditmu. Aku mau belanja sendiri aja.”

Suami: “Sharing Violation. Access denied ….”

Istri: “Apakah kamu lebih mencintai komputer daripada aku? Atau kamu hanya main-main saja?”

Suami: “Too many parameters ….”

Istri: “Kamu tidak berguna.”

Suami: “It´s by Default.”

Istri: “Bagaimana dengan gajimu?”

Suami: “File in use … Try later.”

Istri: “Kalo gitu apa posisiku di keluarga ini?”

Suami: “Unknown Virus.”

copas dari http://terselubung.blogspot.com/2011/03/joke-malam_17.html

Previa itu apa sih?

2011
03.16

Lama-lama diriku bosen ditanyain “previa itu apa sih?”

Memang agak aneh, kata previa jarang banget dipake, apalagi dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin hanya sebagian orang yang tahu, khususnya “orang” kesehatan. Dan orang tua membubuhkan kata itu dalam nama lengkapku.

Previa itu apa sih?

Previa adalah plasenta yang letaknya abnormal, biasanya terletak pada jalan lahir. Sedangkan plasenta adalah sebuah organ dalam kandungan yang berfungsi mensuplai nutrisi dari ibu kepada janin. Plasenta previa biasanya menutupi jalan lahir bayi, sehingga terjadi gangguan pada proses kelahiran, biasanya si ibu akan mengalami pendarahan hebat dan bayi akan dilahirnya melalui operasi caesar. Tidak sedikit juga bayi yang meninggal ketika kasus ini terlambat diketahui dan telah terjadi pendarahan luar biasa.

Lalu, kenapa ada kata previa dalam namaku?

Karena diriku lahir setelah mengalami kasus plasenta previa totalis. Plasenta menutupi seluruh jalan lahir, sehingga satu-satunya cara adalah melalui operasi caesar. Kasus pertama di daerahku dan akhirnya di rujuk ke rumah sakit. Ketika lahir, bayi tidak menangis, bahkan tidak bernapas selama 10 menit. Hal ini unik dan dijadikan sebagai nama.(Semoga ga iseng ngasi nama anak gitu)

Bertahun-tahun diriku selalu ditanya tentang previa. Pernah ketika cek kesehatan pertama di IPB saat registrasi mahasiswa baru, dokter yang ngecek bertanya “Kamu anak dokter ya? Atau orang keesehatan? Kok pake nama previa”. Diriku hanya bisa tersenyum. Cape juga jawab gituan mulu, :–P